Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih
Lagi Maha Penyayang
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪِ، ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ
ﻭَﺍﻟْﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ، ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟْﺤَﻖِّ، ﻭَﺍﻟْﻬَﺎﺩِﻱ
ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ
ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻘِﻴْﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴْﻢِ
ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻘِﻴْﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴْﻢِ
Ya Allah limpahkan rahmat atas
junjunganku Muhammad pembuka yang terkunci, penutup yang terdahulu, penolong
kebenaran dengan membawa kebenaran dan penunjuk jalanMu yang lurus juga atas keluarganya
dengan haq pangkat dan kedudukannya yang agung ⚝ Dengan permohonan ini, engkau jadikan kami termasuk
orang-orang yang diterima serta menjaga kami dari golongan orang-orang yang
dihinakan, dan engkau limpahkan keridhoanMu Ya Allah, bagi junjungan dan
sandaran kami Abil ‘Abbas Ahmad Bin Muhammad Al-Tijany RA, juga engkau
limpahkan bagi pengikutnya, pemilik kedekatan denganMu dan juga bagi kami
dengan sebab mereka, serta berilah kami minuman dari limpahan berkah mereka
dengan sepenuh cawan-cawan kami ⚝
“Limpahkan rahmat dan keselamatan
pada Nabi, keluarga
Sahabat
dan keturunannya, Quthbi al-Tijaany”
“Pujiku pada dzat keagungan dan
kemulian
Karena
telah anugrahi kami dengan junjungan manusia”
“Muhammad pilihan diantara utusan
Allah
Baginya
dan keluarga rahmat Allah”
“Dan dengan Sholawat al-Faatih yang
mengungguli
Semua
ibadah, serta merengkuh seluruh rahasianya”
“Juga dengan abil al-Faidl Ahmad
Tijaany
Penolong
orang dahulu dan yang akan tiba”
“Rutinkanlah engkau membaca shoawat
al-Faatih
Dengan
tatakrama, pembuka terbaik akan mendatangimu”
“Dengan pembukaan, cahaya dan
seluruh rahasia
Lebih
cepat dari kerlingan mata”
“Dengannya, bukakanlah gedung-gedung
rahasia
Tutuplah
tingkatan orang-orang baik”
“Sebagai hidayah pada Nabi terpilih
dari keturunan ‘Adnan
Sebagai
ganti dari ahmad Tijaany”
“Dengan ini kami mencari ridho Allah
al-Rohman
Serta
ridho Nabi kami al-‘Adnaan
“Sungguh Sholawat al-Faatih teragung
perantara
Kepada
nabi, berkatalah pada setiap yang bertanya”
“Dia mencukupi semua dzikir
Setiap
malam dan pagi hari”
“Serta Mencukupi dari semua awraad
Dalam agama,
dunia, akhirat, dan hari menghadap Allah”
“Dengan ini guru Tijaany kami
berkata
Sebagai
nasihat kepada seluruh pengikutnya”
“Sebab keutamaan junjungan manusia
Baginya
curahan kesalamatan”
“Dan keutamaan guru kami Syeikh
Ahmad al-Tijaany
Curahan
keridhoan baginya senantiasa turun dari Allah”
“Serta keberkahan Ahmad al-Tijaany
Juga
dari karomahnya yang tiba setiap masa”
“Anugrahi kami Tuhan, dengan ridho
dan ampunanmu
Serta
pengawasan dari junjungan alam dunia”
“Juga pengawasan dari Ahmad
al-Tijaany
Dalam
tidur maupun jaga, mengiringi perjalanan masa”
“Serta kasih sayangMu dengan ridho
dan wusul padamu
Dengan
hanya karena keutamaan dan anugrah dari Allah”
“Tuhanku dengan al-Faatih bukakanlah
aku
Sebab
al-Khaatim tutuplah aku dengan segenap rahasianya”
“Dengan al-Nashir bantulah aku atas
musuh-musuhku
Dan
dengan al-haadi berilah kami petunjuk jalan yang lurus”
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha
Pengasih Lagi Maha Penyayang .
Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan kami termasuk golongan umat
Junjungan seluruh Nabi dan Utusan ⚝ dan mununtun kami pada Thoriqoh Khatmi para wali umat
Muhammad ⚝ Sholawat dan Salam semoga terhatukan bagi Junjungan kami
Muhammad sang pembuka seluruh alam ⚝ Pemimpin orang-orang mukmin yang bercahaya tangan dan wajah
mereka dihari kiamat ⚝ Juga atas Keluarga beliau yang sempurna bagai lautan ⚝ Dan para sahabat yang telah menerima dan menjadi petunjuk
sampai hari pembalasan ⚝ Semoga Allah meridhoi Tuan Sandaran kami di dunia dan
akhirat ⚝ Guru Besar ⚝ Yaquth merah yang bercahaya ⚝ Wali Quthub yang tersimpan (al-Maktum) ⚝ Wali Khotmi umat Muhammad yang di ketahui (antara para
wali) ⚝ Abul Faidh Ahmad bin Muhammad al-Tijany ⚝ dan seluruh keluarga, anak turun, para Muqoddam, Sahabat
dan orang-orang yang mencintai beliau dari golongan Jin dan Manusia.
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Selanjutnya, Tulisan ini adalah
saduran dari Kitab-kitab Thoriqoh Tijaaniyyah ⚝ Yang menerangkan keistimewaan Thoriqoh al-Ahmadiyah
al-Muhammadiyyah ⚝ al-Ibrohimiyyah al-Hanafiyyah ⚝ Maka, aku berkata: Beliau adalah junjungan kami Ahmad
bin Muhammad yang dijuluki dengan Ibnu Umar al-Mukhtar bin Ahmad bin Muhammad
⚝ Beliau inilah orang pertama yang menempati desa ‘Ain Madli
dari para junjungan itu ⚝ Beliau adalah bin Salim bin al-‘Iid bin Salim bin Ahmad yang
dijuluki dengan al-‘Alwaany ⚝ bin Ali bin Abdullah bin Abbas ⚝ bin Abdul Jabbar bin Idris bin Ishaq bin Ali Zainal Abidin ⚝ bin Ahmad bin Muhammad yang dijuluki al-Nafsu al-Zakiyah
(jiwa suci) ⚝ bin Abdullah bin Hasan al-Mutsanna (yang kedua) ⚝ bin Hasan al-Sibthi (cucu Nabi Muhammad) bin Ali bin Abi
Tholib (semoga Allah memuliakan jiwanya) ⚝ dari istri Beliau Fatimah al-Zahro ⚝ tuan putri wanita surga (semoga baginya keselamatan) ⚝ putri Makhluk terbaik dan junjungan mereka yaitu utusan
Allah Muhammad SAW, Semoga rahmat dan keselamatan atanya beserta keluarga dan
para sahabatnya serta segenap orang muslim .
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Adapun Ibu Beliau (Syeikh Ahmad
Al-Tijaany RA) Adalah intan yang terpelihara ⚝ dan mutiara yang tersimpan ⚝ Tuan putri ‘Aisyah ⚝ putri tuan al-Jalil Abi Abdillah tuanku Muhammad bin
al-Sanusy al-Tijany al-Madloowy ⚝ Beliau (Syeikh Ahmad RA) dilahirkan didaerah ‘Ain Madhi ⚝ pada tahun 1150 dari Hijrahnya baginda junjungan seluruh utusan
SAW ⚝ dan beliau (Syeikh Ahmad RA) hafal al-Qur’an dengan hafalan
yang baik di hadapan guru beliau al-Ridho al-Amin tuanku Muhammad bin hamawy
al-Tijaany ⚝ pada saat usia beliau (Syeikh Ahmad RA) berusia 7 Tahun, ⚝ kemudian beliau menyibukkan diri denga belajar ilmu-ilmu
Ushul (Tauhid), Furu’ (Fiqih), dan Adab (Tasawuf) ⚝ sehingga beliau menguasai seluruhnya ⚝ dan beliau telah belajar pada Guru beliau al-Arif billah
(yang ma’rifat pada Allah) tuanku al-Mabruk Ibnu Bu’afiyyah al-Madloowy
al-Tijaany ⚝ pada Syeikh (guru) ini beliau telah membaca Ringkasan Kitab
Syeikh Kholil ⚝ Dan kita al-Risalah, Muqoddimah Ibnu Kholdun serta kitab
al-Khdlory ⚝ Kemudian beliau meneruskan dalam mencari Ilmu selang
beberapa waktu di Negara beliau ⚝ Sehingga beliau menghasilkan berbagai Ilmu yang bermanfaat ⚝ dan juga memilki beberapa jawaban (dari
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada beliau) dalam beberapa bidang studi
Ilmu pengetahuan ⚝ sedang usia Beliau masih muda ⚝ dan Beliau (Syeikh Ahmad RA) juga mempelajari Kitab, serta
mengajar dan berbicara dengan orang lain ⚝ Beliau juga menulis dan mendikte pada orang lain berbagai
bidang Studi Ilmu yang bermanfaat ⚝ Seperti Hadist, Tafsir, Fiqih, Tauhid, dan lan-lain ⚝ maka siapapun yang ingin bertanya dan mancatat dari beliau
maka beliau akan mendiktenya tanpa berpikir pada setiap jawaban yang Beliau
inginkan ⚝ Seakan-akan didepan beliau terdapat papan tulis. ⚝ Kedua Orang Tua Beliau (Syeikh Ahmad RA) wafat pada hari
yang sama sebab wabah penyakit sampar (pes) ⚝ yaitu pada tahun 1166 (Semoga Allah Ta’ala mengasihi dan
meridhoi Beliau berdua) ⚝ setelah kepergian Kedua Orang Tua Beliau (Syeikh Ahmad RA)
Menuju kepada Allah al-Rofiq al-A’ala (Teman Mulia), Beliau masih tetap dengan
keadaan beliau ⚝ Yaitu sibuk mencari Ilmu. Baik belajar Mengajar dan memberi
Fatwa
⚝ Sehingga Beliau Berumur 20 tahun ⚝ kemudian Beliau pindah kedaerah Faz ⚝ dan disana Beliau mendengar sebuah hadist ⚝ yang menyebutkan sesungguhnya Rosulullah SAW Bersabda : Akan
ada di Maghrib (Maroko) Kota yang disebut Fez ⚝ sebagai kota panutan terlurus bagi penduduk Maghrib ⚝ dan terbanyak penduduknya yang membaca sholawat ⚝ penduduknya berdiri diatas kebenaran ⚝ penentang-penentang mereka tidak mampu menyakiti mereka ⚝ Dan Allah akan melindungi mereka dari segala yang mereka
benci sampai hari kiamat ⚝
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Maka, orang pertama yang Beliau
temui untuk memperoleh tujuan tersebut ⚝ adalah junjungan yang mulia keturunan orang-orang mulia ⚝ Tuanku Abu Muhammad al-Thoyyib Ibnu Muhammad Ibnu Abdullah
Yang terkenal dengan sebutan Alwaany ⚝ begitu juga Beliau bertemu dengan wali al-Quthb al-Kabiir
Maulana Ahmad al-Shoqoly RA ⚝ dan Beliau juga bertemu di Gunung Zabib dengan junjunganku
Muhammad al-Wanjaly yang terlebih dahulu berkata kepada Beliau, sebelum Beliau
sempat berkata sesuatu apapun padanya ⚝ “Engkau harus mampu memperoleh kedudukan Imam al-Syaadzily”
⚝ Selanjutnya (al-Wanjaly) mengungkapkan kepada Beliau
beberapa Hal yang ada didalam batinnya ⚝ kemudian mengisyaratkan kepada Beliau untuk kembali ke
daerah ‘Ain Maadhi. ⚝ dan juga Beliau bertemu dengan Wali yang Sholeh ⚝ cucu dari al-‘Arif (Ma’rifat dengan Allah) Yang berguna ⚝ Tuanku Abdullah bin Tuanku al-‘Aroby bin Ahmad bin
Muhammad al-Andalusy ⚝ kemudian Beliau diskusi dengannya dalam beberapa perkara
Beliau ⚝ dan terakhir yang dikatakan kepada Beliau (Syeikh Ahmad RA)
⚝ adalah : “Allah Akan Menuntunmu”,”Allah Akan
Menuntunmu”,”Allah Akan Menuntunmu”. ⚝ Diantara orang yang ditemui Beliau (Syeikh Ahmad RA) adalah
Tuanku Abul ‘Abbas Ahmad al-Thowasyyi, yang selanjutnya mentalqin Beliau sebuah
dzikir ⚝ dan kemudian Tuanku (al-Thowasyyi) berkata kepada beliau
:”Lakukan Kholwat, menyendiri dan berdzikir, ⚝ serta bersabarlah sampai Allah membuka (hati) mu” ⚝ kemudian Beliau bergegas menuju ke shahra’ ⚝ untuk melaksanakan perintah Sayyid al-Wanjaly ⚝ serta bertujuan mengunjungi zaawiyah (ruang sholat) Syeikh
Abdul Qodir bin Muhammad al-Abyadl ⚝ maka Beliau diam disana beberapa saat ⚝ selanjutnya Beliau mengunjungi ‘Ain Madhi guna melaksanakan
isyarat yang diberikan sayyid tersebut (al-Wanjaly) ⚝ kemudian Beliau datang ke Kota Tilimsan lalu menetap disana
⚝ yaitu pada tahun 1181 dari Hijrah Kenabian ⚝ Dan pada tahun 1186 Hijriyyah Beliau berangkat dari kota
Tilimsan ⚝ menuju ke Kota Haram (Makkah) untuk melaksanakan haji ke
Baitullah (Rumah Allah/Ka’bah) dan mengunjungi makam Nabi SAW Yang terpilih ⚝ maka, pada saat Beliau sampai di Kota Azwawy ⚝ Beliau mendengar keberadaan Junjunganku Abi Abdillah bin
Abdir Rohman al-Azharyi ⚝ kemudian Beliau menemuinya serta mengambil darinya Thoriqoh
al-Khalwatiyyah ⚝ dan sesampainya di Ibu Kota Tunis, Beliau menetap disana,
dan juga didaerah susah ⚝ dalam masa satu tahun penuh ⚝ pada saat inilah Beliau berjumpa dengan Tuanku Abdus Shomad
al-Rohawy ⚝ yaitu salah satu murid wali Quthb Negara itu ⚝ kemudian memintanya untuk mempertemukan Beliau dengan wali
Quthb yang agung ⚝ akan tetapi ia (Abdus Shomad) menolak dan memberikan alasan
kepada Beliau bahwa wali Quthb tidak mengizinkan siapapun untuk menemuinya
kecuali empat orang ⚝ dan dia salah satu dari mereka ⚝ pada saat itulah junjunganku Abil faidh al-Tijany mengirim
utusan ⚝ kepada wali Quthb yaitu seorang yang dicintai yang pergi
bersama tuanku Abdus Shomad tadi ⚝ maka utusan tersebut diterima wali Quthb dengan penerimaan
yang baik ⚝ dan Ia berkata :”Orang yang dicintai mengirim utusan orang
yang dicintai
⚝ sebagai Ungkapan kebahagian dan sebagai isyarat ketuhanan” ⚝
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Kemudian Beliau (Syeikh Ahmad RA)
bersiap-siap pergi ke Kota Kairo ⚝ dengan tujuan menemui Syeikh Tuanku Mahmud al-Kurdy, maka
sampailah Beliau disana dengan selamat dan afiat ⚝ dan pada waktu pertama kali junjunganku (Syeikh Ahmad RA)
menjumpai Syeikh Mahmud al-Kurdy, ia berkata kepada Beliau : ⚝ “Engkau dicintai Allah di dunia dan akhirat” ⚝ Junjunganku pun (Syeikh Ahmad RA) Bertanya padanya:”dari
mana anda mengetahui Hal ini ⚝ dan Ia (Syeikh Mahmud al-Kurdy) Berkata pada Beliau:”Dari
Allah”
⚝ kemudian setelah beberapa hari ia (Syeikh Mahmud al-Kurdy)
bertanya kepada Beliau:”Apa yang engkau cari”? ⚝ Beliau (Syeikh Ahmad RA) menjawab :”Kewalian Quthb yang
tertinggi ⚝ ia (Syeikh Mahmud al-Kurdy) berkata kepada Beliau:”Untukmu
Lebih dari itu”⚝ Selanjutnya Beliau bersiap-siap berangkat menunaikan ibadah
Haji ⚝ maka sesampai Beliau di Kota Makkah Yang dimuliakan pada
bulan Syawal tahun 1187 dari Hijriyyah ⚝ Beliau belajar dengan Syeikh al-Imam Abil ‘Abbas Tuanku
Muhammad bin Abdullah al-Hindy ⚝ dari Dia, Beliau mendapat beberapa Ilmu dan Asroor ⚝ dan juga beberapa hikmah dan anwaar ⚝ sedangkan beliau tidak dapat bertemu langsung dengannya ⚝ hanya melalui surat yang beliau kirimkan bersama
pembantunya ⚝ karena ia tidak di izinkan seseorang sama sekali ⚝ dan ia berkata pada beliau dengan tuisan:”Engkau adalah
pewaris Ilmuku, Asror-asrorku, pemberian tuhan padaku dan juga seluruh anwarku ⚝ kemudian ia mengkhabari bahwa beliau harus mencapai
kedudukan Syeikh Abil Hasan al-Syaadzily RA ⚝ setelah beliau menyelesaikan ibadahnya dan juga telah
menyempurnakan hajinya yang mabrur (baik) ⚝ serta sa’inya yang masykur (diterima) ⚝ beliau berangkat menuju Kota Madinah untuk mengunjungi
makam Nabi yang Baik ⚝ dan sesampainya disana, beliau memasukinya dengan rasa
hormat, tenang serta mengagungkannya ⚝ setelah selesai ziarah kemakam Nabi SAW, Beliau melanjutkan
perjalanan mengunjungi al-Quthb al-Kabir (Wali Quthb yang Agung) yang terkenal
dengan sebutan al-Samaan ⚝ maka disaat Beliau bertemu al-Quthb al-Kabir, ia
memberitahukan kepada beliau semua keadaan dan peristiwa yang akan Beliau alami
serta akhir dari perjalanan Beliau ⚝ dan juga mewartakan bahwa sesungguhnya beliau adalah
al-Quthb al-Jami’ ⚝ kemudian ia berkata kepada junjunganku RA: “mintalah apa
yang kau inginkan” ⚝ maka beliau meminta darinya beberapa hal ⚝ dan ia (al-Quthb al-Kabir) membantu beliau untuk
mendapatkannya ⚝ selanjutnya beliau kembali ke Kota Kairo untuk mengunjungi
guru beliau Syeikh Mahmud al-Kurdy
⚝ dan di
saat beliau akan pindah kembali ke Maroko, guru beliau memberi izin kepada
beliau untuk menyebarkan Thoriqoh al-Kholwatiyyah ⚝ akan tetapi beliau (Syeikh Ahmad Tijany) menolak, lalu
Syeikh Mahmud al-Kurdy berkata: ⚝ “tuntunlah manusia ⚝ dan aku yang menanggung” ⚝ maka beliau berkata: “baik” ⚝ kemudian Syeikh Mahmud al-Kurdy menuliskan ijazah (izin) dan
sanad Thoriqoh kepada beliau ⚝ selanjutnya beliau kembali ke Kota Tilimsan ⚝ dan sesampai di sana, beliau menetap beberapa saat ⚝ kemudian pindah menuju ke daerah al-Shahra’ pada tahun 1196
⚝ dan beliau menetap di desa al-Syalalah ⚝ beliau pun tinggal di sana beberapa saat ⚝ kemudian pindah ke Atwat dengan tujuan ziaroh ⚝ maka beliau menemui sebagian wali di kota tersebut dan
meminta darinya beberapa hal yang khusus ⚝ kemudian beliau kembali lagi ke Desa Abi Samghun dan
menetap di sana ⚝
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Maka saat telah datang waktu
terbitnya kewalian ⚝ di Desa Abi Samghun dan Syalalah ⚝ terjadilah di sana al-Fath yaitu beliau meihat dengan kedua
mata, Nabi sumber kasih sayang dan penolong Umat SAW ⚝ dan Nabi mengizinkan Beliau mangajar kepada makhluq setelah
Beliau menghindari bertemu dengan mereka ⚝ karena perhatian Beliau pada diri sendiri ⚝ dan enggan mengaku menjadi guru ⚝ sehingga Beliau memperoleh Izin dari Nabi Muhammad SAW di
saat terjaga, bukan dalam mimpi ⚝ untuk mendidik makhluq secara umum dan mutlak ⚝ dan Rosulullah SAW menjelaskan kepada beliau ⚝ sesungguhnya Rosululah SAW adalah guru, pendidik dan
penanggung Beliau ⚝ dan juga Rosulullah SAW memerintahkan beliau mentalqin
wiridnya yaitu membaca Istighfar dan membaca Sholawat atas Rosulullah SAW pada
tahun 1200 yang bertepatan dengan ke-50 tahun umur Beliau RA ⚝ Rosululah SAW menyemprnakan kepada Beliau dengan mentalqin
wirid hailalah (setelah Istighfar dan Sholawat) ⚝ dan Rosulullah SAW memerintahkan Beliau untuk meninggalkan
seluruh yang Beliau dapat dari guru-guru Thoriqoh dan pemuka-pemuka Ahli
Tawawuf ⚝ karena jika telah datang sungai Tuhan, maka pasti tidak
berguna sungai pegunungan ⚝ dan pada bulan Muharrom tahun 1214 beliau mencapai pangkat
al-Quthbaniyyah al-‘udzma ⚝ dan pada tanggal 18 Shofar tahun tersebut ⚝ Beliau mencapai kedudukan al-Khatm dan al-Katm yang
kedua-duanya hanya di miliki oleh Khotim Wilayah al-Khoossoh ⚝ dan sebagian dari santri Beliau memperingati hari ini
sebagi hari raya al-Khotmi (‘Idul Khotmi) ⚝ dan sesungguhnya tidak ada keistimewaan untuk berpisah jika
ditemui jalan penghubung dengan pemilik al-Syafa’ah al-‘Udzma (Nabi Muhammad
SAW) ⚝
“Tuhanku, limpahkan Rahmat-Mu atas
manusia
Penerima tujuh ayat, dua kali engkau firmankan atasnya”
“Limpahkan pula Rahmat-Mu bagi
Keluarga dan Sahabat Nabi-Mu
Juga atas Quthbi Tijaany kasih-Mu”
“Hai, engkau yang ingin mencapai
cita-cita dambaan hati
Tetaplah engkau hadapkan diri pada Quthbi Tijaany”
“Bila beruntung engkau dekatnya
Untukmu suka cita hati dan kesentosaan jiwa”
“Adakah tidak, jika ia seorang Imam
Quthbi para Quthbi zaman”
“Penerima anugrah keutamaan dari
Allah
Yang tiada duanya di alam”
“Ia naiki puncak martabat
Jauh dari ungkapan lisan”
“Hanya baginya al-Fatih sebagai
wiridan
Untuk dekat dengan Allah SWT”
“Dialah pemilik seluruh cahaya
Surga tertinggi tempat pengikutnya”
“Baginda junjungan Jin dan Manusia
memberinya petunjuk
Semua arti laksana mutiara”
“Hanya junjungan Jin manusia
penuntunnya dekat ke Allah
Karena hanya dia yang tiada duanya”
“Tak satu wali yang menyamai
Segala milik Quthbi Tijaany”
“Wahai Abal ‘Abbas
Namamu penetram jiwaku”
“Wahai Abal Abbas padamu aku mengadu
Wahai pengusir deritaku”
“Wahai Abal Abbas, aku mengharap
Anugrah dan kesentosaan”
“Bukanlah hati abdimu
Sebagai keutamaan dan anugrahmu”
“Engkau penolong manusia
Engkaulah penyelamat setiap tawanan nafsu”
“Aku tamumu, dan balasan seorang
tamu
Terkabulnya keinginannya”
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Ketahuilah (semoga Allah
mengasihimu) ⚝ sesungguhnya guru, panutan, harapan dan sandaran kami, Abil
Faidhil Ahmad bin Muhammad al-Tijaany termasuk orang yang telah menyerahkan
usahanya ⚝ untuk taat kepada Allah yang disembah ⚝ dan termasuk orang yang mencari ilmu ada permulaanya
melaksanakan ketaatan dan ibadah kepada Allah ⚝ tidak untuk memperoleh keinginan nafsunya ⚝ akan tetapi yang pertama Beliau lakukan adalah pembenaran
taubat dengan syarat-syaratnya yang ada dalam Thoriqoh Beliau ⚝ yaitu dengan menjaga syari’at dan batasan-batasanya ⚝ serta meniadakan seluruh keinginan Beliau ⚝ dengan membuang nafsunya seluruh kesenangan dan hal yang
mengganggu ⚝ selanjutnya Beliau memusatkan diri kepada Allah dengan
menjaga Haq-haqnya ⚝ kemudian terlihatlah bagi Beliau seluruh haqikat ⚝ Beliau beribadah dengan tidak melakukan dispensasi
(keringanan-keringanan) Syari’at dan penta’wilan ⚝ Beliau juga bersungguh-sungguh di setiap waktu ⚝ beliau juga menjaga pengendalian diri (berfikir) untuk
memperdalam masalah perkhilafan (perbedaan pendapat antar ulama) yang tidak
penting ⚝ dengan berpegang teguh pada kitab (Al-Qur’an) dan Hadits ⚝ dan perbuatan yang telah dilakukan oleh umat terdahulu ⚝ serta Beliau menghadap pada junjunganya (Allah SWT) dengan
segenap jiwa Beliau dan junjungannya mencukupi Beliau dari selainnya ⚝ beliau telah mendirikan bangunannya atas dasar taqwa dan
mencari keridhoan Allah ⚝ sebab pertama kali Beliau sibuk dengan ilmu pengetahuan,
hadits dan Al-Qur’an ⚝ dan Beliau juga mengusai ilmu-ilmu asing (jarang
dipelajari) dan faham-faham yang rumit ⚝ serta memerangi nafsu dan Istiqomah (rutin) dan wara’
(menjauhi kemakruhan) ⚝ sejelek-jeleknya makhluq yang menginginkan selain
junjungannya (Tuhan) ⚝ dan Beliau menutup mata dari segenap keadaan ⚝ dan memusatkan diri dengan beribadah kepada junjungannya
dengan Kesungguhan ⚝ Beliau juga berbudi pekerti seperti Ahli Zuhud (orang yang
tidak menginginkan dunia) dan Ahli Ibadah ⚝ tidak ada satupun yang menyibukan Beliau dari Allah ⚝ begitu juga Beliau memurnikan diri untuk mengabdi dan
membuang dari hati Beliau seluruh yang ada (selain Allah) ⚝ sedangkan perilaku orang siddiq (yang berbakti serta selalu
meyakini agama) ialah yang memurnikan amal serta bersungguh-sungguh menghadap
Allah dalam setiap keadaan ⚝ dan melupakan (tidak melihat) seluruh amal ibadah mereka
sebab penyaksian mereka kepada Allah yang maha agung lagi maha mulia ⚝ Ringkas kata, syeikh ahmad adalah termasuk salah satu Imam
besar pada masanya ⚝ dan diantara imam yang para ulama sepakat untuk menghormati
dan memuliakannya ⚝ tanpa ada yang menolak dan menentang dari orang-orang yang
memiliki ketulusan ibadah ⚝ kepada beliau lah sempurna seluruh kepemimpinan hal ini
(keagamaan) ⚝ sebab Beliau, lebih terlihat pendidikan orang yang berjalan
(menuju Allah) dan penyucian orang yang menginginkan (berjalan di jalan Allah)
serta terbuka seluruh kesulitan mereka ⚝ dan juga tersingkap seluruh keadaan mereka, yang tidak
satupun pada masa Beliau orang yang mampu mencapainya, maka Beliau adalah orang
yang mulia budi pekerti dan halus sifatnya ⚝ sempurna tata krama dan agung pangkatnya ⚝ juga cerdas akalnya dan seorang yang ceria ⚝ dan pemilik ketenangan ⚝ juga sering Tawadhu (rendah diri) dan sangat pemalu ⚝ mengikuti hukum-hukum agama dan tata krama sunnah Nabi ⚝ mencintai golongan kebajikan dan ulama ⚝ memuliakan para Ahli ilmu ⚝ teguh pendirian dan tidak condong pada hawa nafsu ⚝ dan hanya kepada Allah kami memohon agar mengakhiri hidup
kami dengan akhir yang diberikan kepada para kekasihnya ⚝ serta menjadikan hari pertemuan dengan-Nya adalah hari
terbaik dan terbahagia dari hari-hari kami ⚝ demi pangkat jiwa para kekasih-Nya ⚝ dan intisari para orang pilihannya Nabi Muhammad SAW
(semoga Allah melimpahkan Rahmat dan keselamatan atasnya dan atas keluarga
serta para sahabatnya) ⚝
Ya
Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Dan di antara karomah yang
dipercayakan kepada beliau dan tampak dari diri beliau oleh Tuhan sekalian
hamba ⚝ Sesungguhnya sering sebab beliau tempat yang jauh didekatkan
⚝ Dan juga sering benda mati berbicara kepada beliau dengan
bahasa yang fasih ⚝ Serta beliau sering diperlihatkan hal-hal ghaib ⚝ Beliau juga sering bercerita sesuatu yang akan terjadi,
kemudian sesuatu itupun terjadi seperti apa yang diceritakan beliau ⚝ dan begitu juga sering kali alam ini ikut pada perintah
Beliau ⚝ dan sering diantara sahabat Beliau yang mengalami sakit
parah bias sembuh dengan keinginan Beliau yang luhur ⚝ dan juga sering dengan sebab Beliau Alah menolong orang
yang teraniaya maka tertolaklah penganiayaan yang akan dilakukan oleh
tangan-tangan penganiaya ⚝ dan juga sering Allah menolong dengan sebab Beliau
orang-orang yang hampir meninggal ⚝ tertimpa musibah di perjalanan darat maupun di lautan ⚝ dan sering di antara pejabat yang lalim serta melebihi
batas (aturan agama) ⚝ dipecat seketika dari kekuasaannya oleh Allah sebab
keinginan Beliau yang mulia ⚝ dan juga sering orang sempurna yang tidak mulia dan orang
bodoh (memiliki kemampuan) menjadi mulia sebab Beliau ⚝ begitu juga banyak daerah-daerah yang dibantu dengan doa
Beliau sehingga diberi hujan deras yang mengalir (airnya) pada semua hamba
setelah mereka mengalami kemarau panjang ⚝ dan selain tersebut dari karomah-karomah Beliau yang
bersinar ⚝ seperti memperbanyak makanan sedikit dengan doa atau
pegangan tangan beliau yang suci ⚝ juga seperti terkabulnya doa beliau yang bagaikan pedang
samurai yang tajam ⚝ dan juga seperti limpahan pertolongan beliau yang bagaikan
curahan hujan deras dari awan hitam yang tebal ⚝ dan di antara karomah Beliau RA sesungguhnya pada hari
Sabtu bertepatan pada tanggal 17 dari bulan Allah al-Muharrom ⚝ tahun 1270, mengalir dari makam beliau yang mulia sebuah
mata air susu perah ⚝ dan air susu ini semakin bertambah banyak keluar dari dalam
makam Beliau ⚝ sehingga semua orang berumpul dan berdesakan untuk
mengambilnya
⚝ tidak ada satu pun orang berakal di Fez kecuali memenuhi
bejana-bejana mereka yang besar dengan air susu tersebut ⚝ dan air susu tersebut masih ada bahkan tidak berubah sampai
saat ini di sebagian tempat ⚝ maka, alangkah agungnya karomah ini!
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Ketahuilah (semoga Allah
mengasihimu) sesungguhnya Syeikh tuanku Ahmad al-Tijany RA adalah seorang yang
terkenal, beliau tampak bagai matahari di tengah langit ⚝ dan beliau adalah seorang wali Quthb yang tersimpan dan
gedung yang dilingkupi rahasia ketuhanan dan al-Khotm bagi para wali Quthb umat
Muhammad SAW ⚝ dan para wali yang sholeh ⚝ maka tidak ada satu pun wali yang memiliki kedudukan
seperti kedudukan beliau ⚝ juga tidak ada tempat yang lebih tinggi dan mulia dari
tempat beliau ⚝ dan tidak ada masyrob (masyrob adalah focus amaliyah
“praktek” yang berkaitan dengan berjalan menuju kehadirat Allah yang meliputi
persoalan, tingkatan, rasa dll. Seperti amaliyah dzikir jahry, dzikir khofy,
dst.) yang lebih luas lagi sempurna daripada masyrob beliau ⚝ maka sesungguhnya masyrob beliau menyatukan seluruh masyrob
Thoriqoh ⚝ dan masyrob (tersebut) hanya khusus bagi beliau ⚝ dan sesungguhnya beliau (Syeikh Ahmad al-Tijany RA) adalah
pusat seluruh perantara terdahulu dan yang akan datang ⚝ dan juga beliau adalah gurunya para guru ⚝ barzakh para barzakh ⚝ serta sumber yang mengalir darinya semua anugerah, ilmu,
ma’rifat, dan asror bagi seluruh para wali, para aqthob, para ‘arif, dan para
kekasih Allah ⚝ karena sesungguhnya Sayyidi al-Wujud (Nabi Muhamad SAW)
memberitahkan kepada beliau secara langsung di saat terjaga ⚝ bahwa sesungguhnya beliau adalah pemilik pangkat al-Khotm
al-Muhammady yang diketahui para wali Quthb dan para al-Shiddiq ⚝ dan sesungguhnya tidak ada kedudukan di atas kedudukan
beliau di dalam hamparan ma’rifat kepada Allah ⚝ al-Khotm inilah yang menerima seluruh bantuan yang mengalir
dari dzat para Nabi semoga atas mereka rahmat dan keselamatan ⚝ dan dia (al-Kothm) alirkan bantuan dari mereka (para Nabi)
kepada semua para wali walaupun mereka tidak mengetahuinya ⚝ keutamaan guru kami (Syeikh Ahmad Tijany) tidak dapat dihitung
dengan bilangan dan tidak dapat disamakan ⚝ serta tidak dapat diringkas oleh pena ⚝ juga tidak dapat mengetahui hakikat keutamaan beliau
kecuali Allah yang telah menganugerahkannya kepada Beliau dan Rosulullah SAW ⚝ dan di antara karomah beliau yang tidak dimiliki oleh para
wali Allah ⚝ adalah jaminan baginda Sayyidi al-Wujud (Nabi Muhammad SAW)
dan sabda Beliau SAW secara langsung di saat terjaga kepada Tuanku Abil Faydh
Ahmad bin Muhammad al-Tijany RA seperti sabda Beliau SAW : “Sesungguhnya kedua
orang tua orang yang mengambil wirid Thoriqoh ini beserta istri dan
anak-anaknya akan masuk surga dengan tanpa hisab dan siksa, jika tidak ada
kritikan dari mereka ⚝ dan sesungguhnya Beliau SAW akan mendatangi mereka di saat
meninggal dan ditanyai kubur ⚝ dan sesungguhnya mereka berdzikir bersama tujuh puluh ribu
malaikat dan pahalanya dicatat untuk mereka yang berdzikir ⚝ serta sesungguhnya mereka tidak akan keluar dari dunia
(wafat) kecuali mereka mencapai tingkat kewalian ⚝ dan juga sesungguhnya imam Mahdi yang ditunggu-tunggu
kedatangannya adalah saudara mereka dalam Thoriqoh (Thoriqoh al-Tijaniyyah) ⚝ dan sesungguhnya ahli Thoriqoh ini lebih tinggi
kedudukannya daripada pembesar para wali Quthb ⚝ mereka di Mahsyar memiliki tempat di bawah bayanga Arsy ⚝ dan sesungguhnya mereka tidak akan mengalami peristiwa yang
menakutkan di Mauqif, mereka juga tidak melihat petir dan gempanya
(Mauqif) ⚝ bahkan mereka aman di pintu surga ⚝ sehingga mereka memasukinya bersama utusan Allah (yakni
Nabi Muhammad SAW) bersama rombongan pertama yaitu para sahabat Nabi SAW ⚝ dan tempat tinggal mereka berada di tempat tertinggi di
dalam surga ‘illiyyin ⚝ cerita ini dari seorang yang dipercaya dan adil juga
kekasih Allah dari baginda Nabi SAW ⚝ tidak akan ada yang megingkari kebenarannya kecuali orang
yang iri atau bodoh dengan kesempurnaan kekuasaan Allah Yang Maha Mulia lagi
Maha Agung ⚝ maka Maha Suci Dzat yang memberi anugerah sesuatu yang Ia
kehendaki kepada orang yang Ia kehendaki pula
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Diantara yang di sabdakan kepada
Beliau (Syeikh Ahmad al-Tijani) oleh Baginda Nabi SAW di dalam al-Hadroh
al-Musthofawiyyah adalah ⚝ Wahai Ahmad, Sesungguhnya saya memerintah pengikutmu untuk
tidak mengunjungi selain kamu, hanya sebagaian cobaan dan ujian mereka ⚝ agar kamu mengetahui orang yang mempercayai dan yang
mendustakanmu ⚝ maka, orang yang mempercayaimu akan melaksanakan seluruh
perintahmu seketika tanpa sebuah alasan dan keraguan dengan kelapangan hati ⚝ dan juga kami larang mereka mengunjungi (Ziarah) kepada
selain kamu baik yang hidup atau sudah meninggal hanya karena ketidak
sempurnaan perhatian mereka kepada guru ⚝ karena jika mereka mengunjungi wali selain guru mereka
serta perhatian mereka berpaling dari hadapannya ⚝ maka tertuputuslah hubungan antara mereka dengan sang guru ⚝ dan juga terputus bantuan dari pihak sang guru, maka mereka
tidak berada di pihak guru mereka dan juga tidak berada di pihak wali yang mereka
kunjungi (Ziarahi) ⚝ Allah tidak akan meletakan dua hati dalam satu orang ⚝ dan saya hanya melarang mereka untuk melakukan itu hanya
karena kasih dan sayang kepada mereka serta karena lebih memperhatikanmu dan
pengikut-pengikutmu ⚝ Hal inilah yang banyak di lupakan oleh para guru Thoriqoh ⚝ oleh karena itu, sering tidak menghasilkan manfaat dari
mereka kepada para pengikut mereka ⚝ dan engkau wahai ahmad ! setiap orang yang taat perintahmu
dan laranganmu maka dia darimu dan kamu darinya (ini adalah ungkapan ikatan
antara Syeikh Ahmad al-Tijany dan para pengikutnya sehingga antara
keduanya bagaikan tunggal), baginya dariku kerelaan dan penerimaan ⚝ Rosulullah SAW memberi kabar gembira kepada Beliau dengan
sesungguhnya seluruh Thoriqoh akan lenyap pada akhir masa dan tidak tersisa
kecuali Thoriqoh Beliau (Syeikh Ahmad al-Tijany) dan sebagian Ahlu Kasyfi
(orang yang diperlihatkan hal Ghoib) berkata : Sesungguhnya semua Thoriqoh pada
akhir masa akan menjadi Thoriqoh al-Muhammadiyah ini ⚝ dan itu pada saat semua Thoriqoh dan Madzhab menjadi satu ⚝ dan sesungguhnya Rosulullah SAW menjamin kemulian kepada
junjunganku Abil Faydh al-Tijany dari para pengikut Beliau dan keutamaan dari
Allah ⚝ yaitu satu Trilliun laki-laki ⚝ dan seratus Miliyar perempuan ⚝ dan Rosulullah berkata kepada sebagian pengikut Abil Faydh
al-Tijany (Beliau adalah Abu Abdillah Sayyidy Muhammad al-Ghooly putra Muhammad
Bu Thoolib al-Hasany al-Maknaasy.) ⚝ engkau putra sang kekasih dan masuk dalam Thoriqoh sang
kekasih (Syeikh Ahmad) ⚝ maka tidak ada perantara antara engkau dan aku kecuali
perantara ini (Syeikh Ahmad) ⚝ karena dia dariku dan aku darinya ⚝ dan siapapun yang masuk dalam Thoriqohku ⚝ dan dalam tanggunganku serta perlindungaku maka untuknya
semua apa yang disebutkan oleh Kholifah besar pewaris terkenal yaitu al-Tijany
yang suci ⚝ dan sesungguhnya Tuanku Malaikat Jibril turun di depan
Rosulullah SAW dan ia berseru dengan segenap suaranya didalam sebuah kelompok
orang (sebuah kelompok tersebut adalah Rosulullah SAW, sebagai utusan Allah,
Khulafa’ Rosyidin, Syeikh Ahmad dan sebagian dari jin, Manusia dan para
malaikat pada Waktu sholat fajr yang di Imami oleh Rosulullah SAW) “Bahagialah
! bahagialah mereka yang mengambi Thoriqoh ini al-Tijany” ⚝ Junjunganku Abul Faidh al-Tijany RA berkata : “Akan datang
limpahan anugerah yang banyak atas para sahabatku sehingga manusia masuk dalam
Thoriqoh kami dengan berbondong-bondong ⚝ Limpahan anugerah ini datang sedangkan manusia dalam
keadaan ditimpa kesulitan dan kesengsaraan ⚝
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Beliau (Syeikh Ahmad RA) berkata :
“Barangsiapa meninggalkan wirid dari wirid guru-guru (Thoriqoh) karena masuk
dalam Thoriqohku al-Muhammadiyyah al-Ibrohimiyyah al-Hanifiyyah ini ⚝ maka Allah akan memberikan kesentosaan padanya dalam dunia
dan akhirat ⚝ serta tidak akan ada sesuatu yang mencelakainya, tidak dari
Allah, dari utusannya dan juga dari gurunya ⚝ di saat mereka masih hidup maupun mati ⚝ dan setiap orang yang masuk ke dalam golongan kami kemudian
pindah ke lainnya ⚝ maka Allah akan mengeluarkan dia dari hadapan-Nya ⚝ lalu Allah akan mencabut angerah kecintaan kami
(kepadanya), kemudian dia akan mati dalam keadaan kafir ⚝ hanya pertolongan Allah yang menyelamatkan dari
rekayasa-Nya ⚝ dan dia (yang keluar dari Thoriqoh) tidak akan bahagia
selamanya ⚝ dan tidak ada satu Wali pun yang akan memberikan manfa’at
kepadanya karena begitulah kenyataannya ⚝ hal ini adalah janji yang benar-benar datang dari baginda
Nabi SAW kepada kami ⚝ Beliau juga berkata kepada saya : “Wahai Ahmad!
Sesungguhnya orang yang mencelamu dan dia tidak taubat maka ia tidak akan mati
kecuali dalam keadaan kafir walaupun ia haji dan jihad. ⚝ akupun berkata kepada Beliau :”Wahai Rosulullah SAW!
Sesungguhnya al-‘Arif Billah Sayyid Abdur Rohman al-Syaamsy menyebutkan bahwa
sesungguhnya orang haji tidak akan mati dalam keadaan buruk akhir hidupnya ⚝ Sayyid al-Wujud berkata kepadaku :”Wahai Ahmad! Barangsiapa
yang mencelamu dan tidak bertaubat maka ia mati dalam keadaan kafir walau ia
haji dan jihad ⚝ Wahai Ahmad, setiap orang yang berusaha menghancurkanmu
maka sesungguhnya aku marah padanya ⚝ Wahai Ahmad, setiap yang kau sampaikan sesungguhnya engkau
hanya menterjemahkan dariku ⚝ Wahai Ahmad, engkau adalah kekasihku dan setiap orang yang
mencintaimu kekasihku engkau termasuk orang-orang yang sentosa dan setiap orang
yang mencintaimu termasuk orang sentosa ⚝ orang-orang faqirmu adalah orang-orang faqirku ⚝ dan murid-muridmu adalah murid-muridku ⚝ sahabat-sahabatmu adalah sahabat-sahabatku ⚝ maka Rosulullah SAW mengetahui bahwa antara sahabat Beliau
dan sahabat Syeikh ini ada sebuah persamaan yang sempurna ⚝ karena persamaan itu, mereka disisi Allah lebih agung dari
pada pembesar Wali Aqthoob, para ‘arif dan para ‘aghwats ⚝ walaupun mereka terlihat termasuk golongan orang-orang umum
⚝ dan sesungguhnya Rosulullah SAW cemburu pada pengikut
Thoriqoh ini dengan kecemburuan tertentu ⚝ dan Beliau bersabda : Wahai Ahmad berkatalah kepada mereka
: janganlah kalian saling menyakiti saya dengan saling menyakiti di antara
kalian dan sesungguhnya orang yang tidak menghormati dan menyakiti mereka akan
diusir oleh Allah dari sisi-Nya ⚝ dan akan dicabut seluruh anugerah yang telah diberikan
kepada mereka ⚝ Syeikh Ahmad RA berkata ⚝ Wahai hamba Allah! ⚝ Wahai Hamba Allah! ⚝ janganlah kalian tidak mematuhiku dalam hal ini yang telah
aku katakan dan sampaikan kepada kalian ⚝ karena sesungguhnya kebiasaan yang terjadi setiap aku
menganjurkan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu atau meninggalkannya demi
kebaikannya sendiri ⚝ kemudian dia tidak menerima anjuranku maka dia akan
menerima cobaan melihat kadar pembangkangnya terhadapku ⚝ dulu di sebuah kota dari daerah Madiriyyah timur ⚝ ada seseorang yang menerima izin membaca wirid-wirid
Thoriqoh al-Naqsyabandiyyah ⚝ selanjutnya dia mengkritik sebagian hal dalam Thoriqoh
al-Tijaniyyah yang tidak mampu dia ketahui dan pahami ⚝ dan dia tetap dengan sikapnya ⚝ sehingga pada akhir-akhir kehidupannya, dia menderita sakit
⚝ dan 4 hari sebelu dia meninggal ⚝ dia tidak mampu berucap juga berbicara ⚝ kemudian terjadi hal yang mengejutkan keluarganya yang
mendengar ⚝ yaitu dia berkata tanpa suatu sebab dan hubungan ⚝ al-Thoriqoh al-Tijaniyyah adalah Thoriqoh yang terbaik diatas
bumi ⚝ dia terus mengulangi kata-kata ini sampai jiwanya kembali
ke Sang Pencipta ⚝
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Pada al-Mustofa aku menghadap,
dengan jiwa
Aku mohon mengharap keselamatan dari duka lara
Hanya keutamaannya harapanku, ia
sudi mengasihi
Membuka hatiku, melapangkan dadaku
Ia tolak seluruh kesulitan, ia
datangkan kemudahan
Ia usir semua kesusahanku, dari jalan tidak ku mengerti
Hanya pada Ahmad Tijani, ku
persempahkan cinta sanubari
Ku adukan kesulitan yang menimpa, keresahan yang mendera
Tijani pemilik kemulyaan, kedudukan
dan keluhuran
Hanya dengan Tuhan, baginya kecukupan
Tijani seorang ilmuwan, bijak lagi
berhias kemulyaan
Tijani laksana gunung tinggi, ia alim bagi ahli Qur’an
Ilmu Tawuf tijani tiada tertandingi
Ilmu Tafsirnya bagai lautan tak bertepi
Tijani selami kedalaman Hakikat
Tijani kuasai luasnya syari’at
Tijani telah menggapai seluruh
kemulian
Dia unggul dalam ilmu, zuhud serta kesabaran
Tijani penolong semua manusia
Mereka bersandar padanya dalam kepentingan dan bahaya
Ingat! Wahai temanku dengan guru ini
berpeganglah kalian
Taklukan nafsu, dengan usaha carilah kebenaran
Berjuanglah kalian diatas jalannya
Perihalalah, serta pakailah budi pekertinya hai orang berakal
Jangan bersandar kecuali padanya,
Wahai kekasihku
Di saat zaman serba sulit ini, lagi sunyi dari kebaikan budi
Jika beberapa Negara engkau jelajahi
Niscaya tak akan engkau temui asal seperti ilmuwan ini
Demi dia, tidak pernah aku menerka
seperti kebaikannya
Dalam hidup mataku tiada ku memandang seperti padanya
Biarkanlah ku tarik ujung jubahnya
karena membanggakannya
Sebab siapa yang tak kan bahagia? Jika Tijani pelindungnya
Sekarang aku bersanding dengannya
setiap saat ku bahagia
Sungguh aku tak kan pergi dari sisinya
Hai! Lihatlah, hidupku sekarang
mewah karena dekatnya
Telah aku saksikan dia seperti aku angan dalam jiwa
Alangkah bahagia hamba yang
meihatnya dengan dua mata
Sungguh dia rengkuh kemuliaan atas manusia tanpa di Ingkari
Ingatlah wahai pemabuk cinta,
berhentilah di tamannya
Nuai dan petik buah ilmu sepanjang masa
Maka, puji bagi Allah, pencipta
Syeikh yang mengetahui ilmu
Mencapai puncak kedudukan yang tak di rengkuh pemilik Sir
Maka, tambahkan cintamu atas
cintanya wahai al-faqir
Sepangjang masa tetaplah bahagia bersamanya dan mengertilah
Jangan pula engkau palingkan wajahmu
darinya singkirkan semua
Yang merintangimu darinya, potonglah yang genap jadi satu
Karena hanya cahayanya yang
membersihkan hati dari noda
Karena wiridnya yang mencukupi murid dari kepayahan
Maka tetaplah bersamanya, karena
siapa mencari akan menuai
Dan siapapun memburu akan berhasil dengan cepat dan pasti
Persembahkan usahamu, jiwamu dan
relalah dengan cintanya
Pasti kau temui pertolongannya di kesulitan dan kemudahan
Sungguh lisan ku kelu mengungkapkan
seluruh pujianku
Dan sangat mengherankan jika timba mengurangi lautan
Wahai Tuhanku, demi Nabimu yang
terpilih dari Bani Hasyim
Serta para sahabatnya, pemilik perhatian dan kesabaran jiwa
Limpahkan selalu rahmat dan
keselamatanmu
Atas
orang yang pangkatnya naik di malam Qadar
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Di antara karomah Beliau (Syeikh
Ahmad Tijani RA) ⚝ sesungguhnya akan di letakkan bagi Beliau sebuah mimbar
yang tercipta dari cahaya pada hari kiamat ⚝ kemudia seseorang berseru sehingga setiap orang di Mauqif
mendengar suaranya ⚝ Wahai Ahli Mauqif ⚝ inilah pemimpinmu, inilah pemimpinmu, yang kalian mengambi
darinya di dunia tanpa sepengetahuan kalian ⚝ hal ini tertentu untuk selain para Nabi dan Sahabat ⚝ berkata Sayyid al-Wujud (Nabi Muhammad SAW) kepada Abil
Faidh ⚝ bagimu di dalam surga empat puluh tempat dari tempat-tempat
para Nabi ⚝ dan Beliau berkata (Syeikh Ahmad Tijany) sesungguhnya
kedudukan kami disisi Allah pada hari kiamat tidak ada dari para wali yang
memperolehnya ⚝ dan sesungguhnya para wali dari masa sahabat sampai di
tiupnya sangsakala tidak ada yang sampai pada kedudukan kami dan tidak pula
mendekatinya ⚝ Beliaupun berkata (Syeikh Ahmad Tijani) :” Jiwa Rosulullah
SAW dan Jiwaku seperti ini” ⚝ sambil mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah ⚝ “Jiwanya memberikan Bantuan pada para Rosul dan Nabi
(semoga Allah melimpahkan keselamatan atas mereka semua) sedangkan jiwaku
memberi bantuan pada para Quthb, Wali, Sholih, dari zaman azal sampai hari
selamanya ⚝ setiap Syeikh Thoriqoh mengambil dariku pada zaman Ghoib ⚝ dan sesungguhnya para wali masuk dalam golongan kami dan
mengambil wirid kami serta berpegangan dengan Thoriqoh kami dari permulaan
wujud hingga hari kiamat ⚝ berkata salah satu ahli Qurro’ al-Qur’an ⚝ Syeikh Abu Noval : aku bermimpi melihat Rosulullah SAW
dalam tidur ⚝ seakan-akan aku mencium tangannya yang mulia maka Beliau
SAW bersabda kepadaku : kenapa engkau tidak mengambil Thoriqoh Tijaniyyah ⚝ maka aku berkata kepada Beliau : wahai junjunganku
Rosulullah SAW saya telah mengambi Thoriqoh Qodiriyyah ⚝ kemudian Beliau SAW mengulangi lagi kedua kalinya seraya
bersabda ⚝ kenapa engkau tidak mengambil Thoriqoh Tijaniyyah ⚝ kemudian aku berkata : Wahai Rosulullah SAW saya memiliki
izin memberikan wirid a-Qodiriyyah dan ini izinnya ⚝ maka Rosulullah SAW bersabda : aku berkata kepadamu :
kenapa kamu tidak mengambil Thoriqoh Tijaniyyah ⚝ kemudian aku bertanya : Wahai junjunganku dari siapa aku
dapat mengambil Thoriqoh Tijany ⚝ maka Beliau bersabda kepadaku : Ambilah dari salah satu
dari dua orang ⚝ bias dari tuan Muhammad al-Hafidz al-Tijany atau dari tuan
Muhammad al-Sayyid al-Tijany ⚝ namun Muhammad al-Sayyid al-Tijany lebih dekat padamu ⚝ dan sampaikan salamku padanya ⚝ kemudian berkatalah padanya : “Rosulullah SAW menyampaikan
salam atasmu ⚝ dan berkatalah padanya : Berikan padaku izin membaca wirid
Thoriqoh al-Tijaniyyah ⚝ sungguh aku mendatangimu agar engkau memberiku izin membaca
wirid Thoriqoh al-Tijaniyyah ⚝ kemudian Sayyid Muhammad memberi izin setelah dia (Syeikh
Abu Noval) menerima syarat-syarat mengamalkan Thoriqoh al-Tijaniyyah ⚝ Tuanku Ali a-Syittiiwy berkata : aku bertanya pada
guruku (di dalam Barzakiyyah, karena Syeikh Abdul Qodir wafat pada tahun 560 H.
dan Syeikh Ahmad al-Tijani hidup pada tahun 1150-1230.) Syeikh Abdul Qodir
al-Jaelany RA ⚝ Duhai junjunganku aku mendengar seorang Syeikh yang berada
di daerah Abi Samaghun, bagaimana menurut anda? Maka Syeikh Abdul Qodir
al-Jaelany RA berkata padanya : Wahai anakku, itu adalah pohon yang kami
berteduh di bawahnya ⚝ karena sebab ini Beliau (‘Ali al-Syittiiwy) mengambil
Thoriqoh al-Tijaniyyah ⚝ dan tuanku Abil Faidh RA berkata : ⚝ segala puji bagi Allah yang telah menyampaikan aku saat ini
derajat Syeikh Abdul Qodir al-Jaelany RA dan ia menambahkan padaku atas yang
telah dia berikan selama 40 Tahun ⚝
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Di antara keistimewaan yang di jamin
oleh Rosulullah SAW pada pengikut Thoriqoh ini ⚝ yaitu jaminan-jaminan yang menyampaikan mereka masuk
kedalam surga ⚝ karena memuliakan kepada keturunan Beliau Yaitu Syeikh,
sandaran dan kebahagian kami RA dan menjadikan kami, kedua orang tua, seluruh
teman kami dan muhibbin (para pecinta Syeikh Ahmad Tijani) dalam Allah ⚝ dari pengikut Thoriqoh Tijaniyyah ini ⚝ para muhibbin dan pengikut Syeikh sama-sama memiliki 14
jaminan dari Rosulullah SAW ⚝ Pertama : Sesungguhnya Rosulullah SAW menjamin mereka tidak
akan mati kecuali atas iman dan islam ⚝ Kedua : Allah akan meringankan mereka dari sakaratul maut
(waktu sekarat) ⚝ Ketiga : Sesungguhnya mereka tidak akan melihat dalam kubur
mereka kecuali yang menyenangkan mereka ⚝ Keempat : Allah akan memberikan keselamatan dari semua
siksa kubur serta rasa takut siksa ⚝ dan semua keburukan mati sampai menempati tempat mereka di
surga ⚝ Kelima : Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang telah
lalu dan yang akan datang ⚝ Keenam : Allah akan mendatangkan seluruh kebutuhan mereka
dari gedung keutamaan Allah bukan dari kebaikan mereka ⚝ Ketujuh : Allah tidak akan menghisab dan menanyai mereka
sama sekali ⚝ juga tidak menanyai mereka yang sedikit ataupun yang banyak
pada hari kiamat ⚝ kedelapan : Allah akan menaungi mereka dibawah naungan
arsy-Nya pada hari tidak terdapat naungan kecuali naungan Allah ⚝ Kesembilan : Allah akan melewatkan mereka diatas Shiroth
al-Mustaqim secepat kedipan mata di atas punggung para malaikat ⚝ Kesepuluh : Allah akan memberi minum mereka pada hari
kiamat dari telaga Nabi sebaik-baiknya Manusia SAW ⚝ Kesebelas : Allah akan memasukan mereka kedalam surga tanpa
hisab dan siksa, ikut golongan pertama yaitu bersama para sahabat ⚝ Kedua Belas : Allah akan menjadikan mereka penghuni surga
tertinggi dari surga Firdaus ⚝ Ketiga Belas : sesungguhnya Nabi SAW mencintai orang yang
mencintai al-Hadhroh al-Tijaniyyah ⚝ Keempa Belas ⚝ Sesungguhnya orang yang mencintai Beliau RA tidak akan mati
sehingga dia menjadi Wali ⚝
Ya Allah Kumpukanlah kami Dalam Golongan Abil Faidl
At-Tijaany
Tolonglah kami Dengan Madad Dari Khatmil Auliya Kitmaany
Adapun jaminan lain yang hanya
tertentu bagi para pengikut Beliau ⚝ Jaminan tersebut adalah : Sesungguhnya kedua orang tua
orang yang mengambil wirid Beliau dan Istri serta anaknya (dalam kitab Bulughul
Amani Hal.18 di sebutkan : dan kedua orang tua istrinya “yakni mertua laki dan
perempuan) ⚝ akan memasuki surga tanpa hisab, siksa dan juga tanpa
ketakutan ⚝ karena sesungguhnya mereka seperti murid-murid Nabi SAW
pemilik Syafa’at al-Udzmaa ⚝ dan sesungguhnya Nabi SAW menyebut mereka sebagai
sahabatnya ⚝ setiap orang yang menyakiti mereka sama dengan menyakiti
Nabi SAW ⚝ dan sesungguhnya al-Imam Mahdi yang di tunggu adalah
saudara mereka dalam Thoriqoh (al-Tijany) ⚝ yang di antara tanda-tanda keluarnya (al-Imam Mahdi) adalah
semakin bertambah banyak pengikut Thoriqoh ini ⚝ adapun keluarnya al-Imam Mahdi dari Negara Timur kemudian
di Baiat menjadi Kholifah di Baitullah (Makkah), dan dia mengambil Thoriqoh ini
dari orang yang memiliki izin sah di kota Madinah al-Munawwaroh ⚝ sesungguhnya pengikut Thoriqoh ini lebih tinggi
kedudukannya dari para pembesar Wali Quthb ⚝ dan juga sesungguhnya didalam dzikir wajib Thoriqoh ini
terdapat bentuk lafadz dari lafadz-lafadz Asma Allah yang agung ⚝ barangsiapa yang membacanya dengan sanad Muttashil
(bersambung antara para periwayat) dia akan mendapatkan setengah pahala membaca
nama yang tertentu dimiliki junjungan manusia (Nabi Muhammad SAW) ⚝ setiap pengikut aman dari dicabut kembali anugerah
pemberian setelah diberikan oleh Allah ⚝ Dan juga setiap orang dari pengikut Beliau memiliki bagian
pahala dari pahala membaca nama yang agung (al-Ismu al-A’dzom) lagi besar
sebagai anugerah dari Allah Raja yang maha tahu ⚝ begitu juga sesungguhnya mereka memperoleh pahala
dzikir-dzikir yang mulia dari al-Ismu al-A’dzhom serta dzikir-dzikir yang tinggi
di bawahnya, dengan pahala yang tidak diperoleh oleh para ahli ma’rifat dan
wali Quthb sepanjang masa dan hari ⚝ serta sesungguhnya Allah akan memberi mereka pahala amal
orang yang beramal yang diterima amalnya ⚝ lebih banyak 100 ribu lipat pahala yang diberikan kepada
pemilik amal tersebut sebagai keutamaan dari-Nya ⚝ sesungguhnya di antara mereka seseorang yang apabila ada
orang melihatnya pada hari senin atau hari Juma’at (Mimpi bertemu dengan Syeikh
Ahmad Tijani) ⚝ maka orang yang melihatnya akan masuk surga tanpa hisab dan
siksa ⚝ sebagai warisan dari Imam kami yang konsisten ⚝ dan di antara mereka orang yang jika dilihat oleh orang
lain kemudian orang yang melihat berkata kepadanya :”saksikanlah sesungguhnya
aku telah melihat dirimu Wahai pemilik sifat-sifat yang di Ridhoi” ⚝ dan orang yang dilihat berkata : “saya bersaksi bahwa
engkau melihatku”
⚝ maka sesungguhnya orang yang melihat itu aka memasuki surga
dengan sentosa dan selamat ⚝ sesungguhnya mereka memiliki tempat khusus golongan mereka
di Mahsyar yang berada dibawah naungan ‘Arsy ⚝ tanpa selain golongan mereka ⚝ oleh karena itu, mereka tidak memasuki Mahsyar (bersama
orang yang bukan golongan mereka) dan tidak merasa kesulitan serta mereka tidak
akan melihat cobaan karena terfokusnya mata mereka untuk menempati tempat
teratas surga ‘illiyyin dari rumah kesentosaan ⚝ sedangkan para muhibbin hanya bertempat di surga ‘illiyyin
dari rumah surgawi ⚝ sesungguhnya mereka memiliki alam barzakh sendiri yang
mereka tempati selalu ⚝ dan juga mereka tidak menemui teror-teror yang terdapat di
Mauqif serta tidak melihat petir dan gempanya Mauqif ⚝ bahkan mereka aman berada di pintu surga sehingga mereka
memasukinya bersama Nabi yang terpilih SAW ⚝ kebanyakan dari mereka memperoleh keutamaan ziarah makam
rosul SAW di Raudlohnya yang dimuliakan lagi bersinar setiap hari ⚝ dan juga mendapat keutamaan ziarah para wali, orang baik
dari mulai awal wujud sampai waktu mereka sebab membaca Sholawat Jauharotul
Kamal ⚝ sesungguhnya Nabi SAW Kholifah empat (Abu Bakar, Umar,
Utsman dan Ali) ⚝ ikut hadir dalam pembacaan wadzifah setiap hari bersama
pengikut Thoriqoh mulia ini ⚝ dan sesungguhnya Nabi SAW mencintai mereka dengan cinta
khusus selain cinta beliau kepada mereka dan para muhibbin ⚝ selama mereka selalu menjaga syarat-syarat Thoriqoh ⚝ mereka akan memiliki tanda pada hari kiamat yang membedakan
mereka dari seluruh manusia ⚝ juga mereka dikenal sebagai murid-murid Rosulullah
junjungan Bangsa Arab dan Ajam ( bangsa selain Arab) ⚝ Tanda tersebut adalah setiap di antara kedua mata mereka
tertulis sebuah tanda yang bercahaya : محمد صلى الله
عليه و سلم (Muhammad
semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan atasnya) ⚝ dan di atas arah hati yang sebelah punggung tertulis:
محمد ابن عبد ا لله (Muhammad bin Abdillah) dan juga di
atas kepala mereka sebuah mahkota khusus bagi mereka yang terbuat dari cahaya
yang tertulis di dalamnya: الطريـقـة التجانية منـشأها الحقيقـة
المحمدية (Thoriqoh al-Tijaniyyah timbulnya adalah hakikat Muhammad)
atasnya dari Tuhan kami dan pencipta kami seutama rahmat dan sesuci keselamatan
⚝ dan di antara keistimewaan yang agung bagi pengikut
Thoriqoh al-Muhammadiyyah al-Tijaniyyah ini ⚝ adalah Sholawat Fatih limaa ughliqo ⚝ karena baginda Nabi SAW bersabda pada Junjunganku Abil
Faidl al-Tijaany: Tidak ada seseorang yang membawa sholawat padaku lebih utama
daripada Sholawat Fatih limaa ughliqo ⚝ dan tuanku RA berkata: Seumpama penghuni tujuh langit dan
bumi serta seisinya berkumpul untuk menyebutkan pahala sholawat fatih lima
ughliqo maka mereka tidak akan mampu ⚝ dan sesungguhnya satu kali dari sholawat fatih dengan
melaksanakan syarat sepuluhnya ⚝ yang seumpama penghuni alam dikalikan seratus ribu kemudian
pahala sholawat fatih tersebut dibagikan atas mereka niscaya akan bias
menghapus seluruh dosa-dosa mereka ⚝ Junjunganku RA berkata: barangsiapa senantiasa membaca
sholawat fatih limaa ughliqo dia pasti akan mati dengan membawa iman ⚝ dan orang yang disebut senantiasa membaca sholawat fatih
adalah orang yang membacanya walau satu kali sehari ⚝ Yaa Allah limpahkanlah rahmat atas Tuanku Muhammad pembuka
yang terkunci, penutup yang terdahulu, penolong kebenaran dengan membawa
kebenaran dan penunjuk jalan-Mu yang lurus ⚝ juga atas keluarganya dengan hak pangkat dan kedudukannya
yang agung ⚝
Kabulkanlah do’a kami tuanku, Amin,
Amin
Jangan engkau sia-siakan harapan kami
Tuhan! Dengan penutup para Nabi
Allah
Baginya dan keluarganya seluruh rahmat Allah
Dengan pangkat Khatmi para wali
Allah
Atasnya seluruh siraman kasih sayang Allah
Dengan keutamaan dan anugerahmu,
anugerahilah kami
Dengan ampunan, penghapusan dosa serta keridloanmu
Kumpulkanlah kami dengan Nabi
Muhammad
Dan Abil Faidl al-Tijaany yang bernama Ahmad
Juga anugerahi kami kasih sayang dari
Sayyid suku Adnaany
Dan berilah kami ikatan hubungan dari Ahmad al-Tijaany
Serta pengangkatan dari Tuhan kami
Sang Maha Pengasih
Dengan itu semua kami akan naiki tingkatan ma’rifat billahi
Serta kasihanilah kami di setiap
keadaan
Selamatkanlah kami dari segenap marabahaya
Jagalah kedudukan kami dari
kelelahan
Serta dari keburukan masa dan dari semua ketakutan
Dan lindungilah kami dari semua
syetan
Juga dari golongannya, baik manusia maupun jaan
Wahai Tuhanku tetapkan kami atas
imann
Jagalah hati kami dari kekufuran
Jagalah Negara kami demi pangkat
al-Haadi
Dari kekuasaan kafir dan musuh kami
Lingkupi kami dengan kasih sayang
dan sentosa
Serta dijaga, dan satukan kalimat imani
Sebarkan bala tentara agama dan
Islami
Atas semua musuh yang kafir lagi tercela
Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha
Penyayang
Yaa
Allah demi pangkat Junjunganku Muhammad SAW yang memiliki keagungan pangkat dengan
kadar keagungan dzat-Mu ⚝ demi pangkat hamba-hamba-Muyang jika Engkau
memandang mereka, maka tenanglah marah-Mu ⚝ demi kehormatan para
Malaikat yang mengitari ‘Arsy serta kehormatan guru kami ini, Syeikh Ahmad
al-Tijaany RA dan kehormatan penggantinya tuanku al-Haaj Ali al-Haroozim RA
semoga Engkau melimpahkan rahmat atas Junjunganku Muhammad beserta keluarga,
sahabat, istri, anak turun Beliau dan semoga Engkau mengampuni kami, orang tua,
teman-teman kami juga keluarga mereka dan seluruh kaum muslimin dan muslimat
yang masih hidup atau sudah meninggal ⚝ dan Engkau alirkan
pada kami pertolongan dari guru kami Syeikh Ahmad al-Tijaany ini ⚝ yang berkahnya
kembali pada kami dalam agama, dunia dan akhirat kami ⚝ dan engkau jadikan
kami dan anak turun kami selamat ta’at juga mengenal engkau ⚝ tegak dan tunduk
pada syari’at dan saling menyukai kebaikan ⚝ memiliki budi
pekerti yang baik, membahagiakan dan membanggakan pada kedua orang tua mereka,
tidak menyusahkan pada keduanya dan tidak membuat lega musuh keduanya ⚝ mereka semua zuhud
di dunia dan diberi kemudahan, dan mereka diberi rizqi yang halal, baik, luas,
tanpa susah payah dan merendah di hadapan makhluk sebab mencarinya dan tanpa
mengingat-ingat, mengatur untuk memperolehnya dan engkau jaga kami dan mereka
dari keharaman rizqi , perbuatan, niat dan keyakinan ⚝ juga engkau beri
rizqi kami dan mereka keimanan yang sempurna dan keyakinan yang benar ⚝ dan engkau anugerahi
kami dan mereka ilmu yang manfaat akal yang benar dan kefahaman yang benar pula
⚝ dan engkau pakaikan pada kami serta mereka
pakaikan berupa kesehatan dan kesungguhan dan engkau hiasi kami dan mereka
dengan kearisan, ketenangan, iffah (sederhana) dan muru’ah (harga diri) yang
sempurna dan kasihanilah kami dan mereka dengan menerima amal perbuatan kami
dan mereka yang kurang dari syarat diterima, serta muliakan kami dan mereka
dengan ketaqwaan dan berilah kami dan mereka keutamaan merasakan kelezatan
ibadah dan munajat pada-Mu ⚝ dan angkatlah
derajat kami dan mereka dengan tentram bersamamu ⚝ dan Engkau bersihkan
hati kami dan mereka dari sibuk dengan selainmu ⚝ dan engkau berkahi
umur kami dan mereka serta sampaikan kami dan mereka haji ke Baitullah al-Harom
(rumah Allah yang mulia) dan mengunjungi makan nabi-Mu Junjunganku Muhammad SAW
dan semoga Allah akan melimpahkan rahmat-Nya atas manusia terbaik Junjunganku
Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya ⚝ Maha Suci Tuhanmu,
Tuhan kemuliaan dari segala mereka (orang yang kafir) sifati dan keselamatan
bagi seluruh utusan serta segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam ⚝Terjemah kitab faidurRabbany
Tidak ada komentar:
Posting Komentar